Jumat, 14 Agustus 2015

Alur Recruitment untuk Industri Tekstil


Pada umumnya perekrutan atau alur karyawan baru dari mulai mendaftar sampai dengan menjadi pegawai tetap adalah sebagai berikut :

1. Melamar pekerjaan, proses ini bisa lewat email, langsung di kirim via pos, datang ke pameran bursa kerja (job fair), atau bisa juga menitip pada kenalan yang bekerja di tempat kita akan melamar tersebut. Proses ini biasanya hanya menyerahkan CV, surat lamaran, foto copy ijazah, foto copy KTP, pas foto dan lain-lain yang sekiranya dibutuhkan.


2. Psikotes, waktu yang dibutuhkan dari melamar sampai dipanggil untuk psikotes biasanya 1 minggu sampai 1 bulan atau bahkan lebih disesuaikan dengan kebijakan perusahaan masing-masing. Kalau tidak dipanggil terus berarti anda kurang beruntung, alias tidak lolos ketahap ini. Pelaksanaan psikoter biasanya berlangsung sekitar 10 menit sampai 5 jam, tergantung versi mana psikotes yang digunakan. Psikotes yang lama adalah psikotes IST yakni bisa sampai 5 jam.


3. Wawancara kerja, proses ini untuk beberapa perusahaan ada yang di barengkan dengan proses psikotes dan ada juga yang terpisah waktunya. Untuk wawancara yang terpisah waktunya biasaya memerlukan 1 minggu sampai 1 bulan rentang waktu antara psikotes dengan wawancara. Sama halnya dengan psikotes pada saat wawancara juga ketika tidak ada panggilan maka pelamar di anggap kurang beruntung atau tidak lolos. hhe.
Wawancara kerja biasanya ada beberapa tahap yaitu wawancaran dengan pihak HRD, pihak Manajemen, dan User. Pada pelaksanaannya wawancara juga disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan.


4. Tes Kesehatan, untuk perusahan kecil biasanya tes ini tidak pernah dihiraukan atau jarang dilaksanakan. Namun untuk perusahaan-perusahaan besar tes ini sering di terapkan. Pada tes ini yang di tes adalah kesehatan fisik seperti mata, tulang, gigi, dan lain-lain yang diperlukan untuk menunjang produktifitas kerja.


5. Training, jika semua tes sudah dinyatakan lolos dan pelamar dinyatakan diterima kerja maka selanjutnya adalah mengikuti masa training. Masa training biasanya memiliki rentang waktu dari 1 bulan sampai 2 tahun, penggunaan training yang lama diperuntukan untuk karyawan yang masih muda atau fresh graduate. Pada masa training ini karyawan akan di kontrak untuk mengikuti training dengan waktu yang di tentukan, jika karyawan tersebut tidak mengikuti training secara penuh atau keluar kerja sebelum habis kontak training maka karyawan akan dikenakan sanksi atau penalty.


5. Kontrak Kerja, setelah beres training karyawan akan mendapatkan kontrak kerja untuk waktu tertentu. Biasanya kontrak tersebut berkisar selama 6 bulan sampai 2 tahun. Jika kinerjanya bagus maka karyawan tersebut bisa naik ke tahapan selanjutnya sebagai pegawai tetap.


6. Pegawai tetap, karyawan dengan status pegawai kontrak harus optimal atau minimal tidak melakukan kesalahan kerja selama masa kontrak supaya bisa naik menjadi pegawai tetap. Biasanya jika pegawai kontrak yang dirasa kurang berkontribusi atau pekerjaannya kurang baik maka orang tersebut kontraknya tidak di perpanjang lagi atau tidak dinaikan menjadi pegawai tetap.


Sekian ulasan mengenai alur penerimaan karyawan baru pada industri tekstil, Semua ulasan yang di uraikan berbeda-beda untuk setiap perusahaannya, bisa jadi tidak sesuai dengan yang saya tuliskan, Namun uraian di atas tersebut di tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri dan itu real sesuai dengan yang saya alami dan saya ketahui. Semoga bisa membantu khususnya bagi teman-teman yang fresh graduate atau yang belum pernah bekerja. 

1 komentar:

  1. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id


    BalasHapus